Tren Konten Public Relations di Era Digital

Tren Konten Public Relations di Era Digital

Citra Perusahaan / Organisasi

Citra perusahaan merupakan kesan psikologis dan gambaran dari berbagai kegiatan suatu perusahaan di mata khalayak publiknya yang berdasarkan pengetahuan, tanggapan serta pengalaman-pengalaman yang telah diterimanya.
Penilaian tertentu terhadap citra perusahaan oleh publiknya bisa berbentuk citra baik, sedang dan buruk.

Tahap Perkembangan Perusahaan / Organisasi

Terlepas dari perbedaan atau persamaan pengertian untuk berbagai istilah yang digunakan dalam bisnis internasional,  terdapat lima tahapan evolusi perusahaan dalam dalam operasi internasional, mulai dari perusahaan domestik, internasional, multinasional, global sampai transnasional. Perbedaan dalam tahap-tahap ini terletak dalam strategi, cara memandang dunia, orientasi, dan praktik perusahaan yang beroperasi di lebih dari satu negara.
Tahap Pertama : Perusahaan Domestik
Tahap Kedua : Perusahaan Internasional
Tahap Ketiga : Perusahaan Multinasional
Tahap Keempat : Perusahaan Global
Tahap Kelima : Perusahaan Transnasional

Product Life Cycle

Product life cycle adalah siklus suatu produk/ organisasi dengan tahapan-tahapan proses perjalanan hidupnya mulai dari peluncuran awal (soft launching), peluncuran resmi (grand launching), perubahan dari target awal, lalu mulai berjuang dan berkompetisi dengan produk-produk yang sejenis, hingga melewati persaingan dan kompetisi produk memiliki tingkat penerimaan/ penjualan/ distribusi yang luas dan tersebar.
Dalam konteks organisasi siklus hidup suatu organisasi menjadi organisasi yang dihargai dan memiliki kredibilitas yang tinggi.
Setelah mencapai puncaknya maka produk akan turun dengan alamiah. Perubahan citra produk/ organisasi lalu dilakukan untuk mendukung inovasi dan menghindari penurunan drastis akibat kejenuhan produk. Jangka waktu titik jenuh tidak saja ditentukan dari jenis produk tetapi bisa dilihat menggunakan indikator seperti penjualan produk, komplain yang tidak tertangani, distribusi dll.
Untuk memperpanjang siklus hidup produk dapat dilakukan upaya-upaya seperti: mendidik pasar, beriklan, menjaganya dengan penjualan dsb. Ada juga istilah daur ulang siklus produk yang diterapkan untuk menarik proyek dari penurunan dengan memperbaiki atau dengan perubahan lainnya, seperti pengemasan ulang dan pemotongan harga.


Pembentuka Citra Melalui Media

Citra baik bukanlah suatu benda mati. Ia tergantung pada kepda “frame of reference” atau persepsi atau pula yang disebut faktor mediator dari masing – masing orang terhadap perbuatan sebagai alat penggantang. Karena persepsi berbeda, maka penafsiran juga akan berbeda tentang perbuatan seseorang dan organisasi. Lalu timbullah konflik yang ingin dipecahkan, maka dengan ini adanya hubungan masyarakat (public relation) ataukah propaganda, diberi tugas untuk menyelesaikan permasalahan. Sebut saja sebagai Humas, berfungsi lebih daripada publlikasi dalam sebuah organisasi. Humas ialah satu usaha komunikasi yang sesuai untuk menjalinkan keharmonisan hubungan diantara publik dan badan/perusahaan organisasi. Tetapi tidak dipungkiri bahwa publikasi ialah salah satu strategi yang digunakan oleh organisasi untuk mencapai objektif hubungan masyarakat.

Strategi Komunikasi Perusahaan

Strategi komunikasi adalah perencanaan dan manajemen cara berkomunikasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Berhasil tidaknya kegiatan komunikasi secara efektif, banyak ditentukan oleh strategi komunikasi. Untuk mencapai tujuan tersebut, strategi tidak berfungsi sebagai peta jalan yang hanya menunjukkan arah saja, melainkan harus menunjukkan bagaimana taktik operasionalnya.
Untuk menjabarkannya, strategi komunikasi dihubungkan dengan komponen-komponen dalam paradigma Lasswell yaitu, Who Says What in Which Channel to Whom with What Effect. Dengan menjawab paradigma Lasswell, maka dapat dijabarkan strategi komunikasi yang tepat untuk digunakan. Setiap organisasi pasti membutuhkan strategi komunikasi. Dan untuk lebih jelasnya, berikut adalah pengertian organisasi dan strategi komunikasi apa saja yang dibutuhkan oleh organisasi profit, non profit dan pemerintahan.
Berikut adalah strategi komunikasi yang digunakan oleh perusahaan Smartfren
1.     Membuat daftar S.W.O.T.
2.     Spoke Person
Hingga strategi rekomendasi lainnya.

Statistik Pengguna Internet di Indonesia



Previous
Next Post »
0 Komentar