Manfaat Dalam Belajar Mata Kuliah Cyber Public Relations


Apa kamu pengguna gadget? Apakah kamu mengenal dinua Public Relations? Apakah kamu mengetahui apa itu Cyber Public Relation?

Kehadiran teknologi komunikasi dan informasi serta perilaku konsumen memanfaatkan media internet di Indonesia semakin lama semakin meningkat setiap harinya. Hal ini karena perkembangan teknologi internet sendiri yang telah dapat dan mudah diakses kapan dan di mana saja. Atas dasar demikian, banyak sekali fungsi internet yang dahulunya hanya dimanfaatkan secara dominan sebagai sarana mencari informasi, sekarang internet sudah memiliki fungsi luas, diantaranya internet dipergunakan untuk berhubungan secara sosial, sarana jual beli, forum diskusi, berbagi data, dan masih banyak lagi, bahkan hampir semua kegiatan di dunia nyata dapat dilakukan atau berhubungan dengan dunia maya atau internet.

Nah disini saya akan menceritakan pengalaman saya dalam dunia Cyber PR. Bermula ketika saya menginjak semester tiga, dimana saat itu saya mengisi KRS atau semacam mengambil mata kuliah yang akan saya ambil di semester tiga ini, saya lihat disana ada mata kuliah Cyber PR dan mulai dari situ saya tertarik.

Belajar Cyber PR sangat menyenangkan, saya kira awalnya akan sangat membosankan, tapi ternyata tidak. Disana saya belajar berbagai macam hal, dari mulai bagaimana cara membuat dan mendesain blog bahkan hingga tips dan trick dalam membuat konten postingan.

Dan pada akhirnya di pertengahan semester saya ternyata diajukan sebagai seorang Kominfo Nasional FKMPI oleh perwakilan organisasi yang saya ikuti, disana saya merasa sangat bangga, terlebih bidang yang diajukan adalah bidang yang sudah saya pelajari di mata kuliah Cyber PR. Bahkan ketika mengerjakan tugas-tugas yang diberikanpun sudah sangat tidak berat karena sudah banyak dipelajari di mata kuliah Cyber PR. Banyak tugas-tugas yang sebenarnya sangat sulit dikerjakan oleh orang-orang yang belum pernah belajar Cyber PR, seperti tugas menjadi admin di media Social yang sudah ke tingkat se-Indonesia, tapi dengan pengalaman yang saya dapat di Mata kuliah Cyber PR, semua itu terasa menjadi sangat mudah.

Adapun beberapa konten yang saya pelajari dari mata kuliah Cyber PR adalah:

1.       Mendesain Blog
2.       Menulis Konten
3.       Buzzer
4.       Hootsuite
5.       Membuat komentar ber link
6.       Bagaimana meyikapi media social
7.       Mengenalkan fungsi media social
8.       Membuat event di media social
9.       Berkampanye di media social

dan masih banyak lagi yang tidak bias dipaparkan satu-satu di sini.

Dalam praktiknya Cyber PR sendiri adalah sebuah ilmu yang sangat bermanfaat untuk berhubungan dalam media social secara instan, hal ini sudah banyak digunakan dalam praktik-praktik ke PR-an dalam dunia perusahaan.

Berikut saya akan paparkan manfaat Cyber PR dalam dunia perusahaan:

• Real time, karena aktivitas komunikasi bisa dilakukan dengan cepat
• Komunikasi konstan, karena Cyber PR menggunakan internet dan internet dapat diibaratkan sebagai sekretaris yang tidak pernah tidur selama 24 jam dan dengan potensi target publik seluruh dunia.
• Interaktif, karena penggunaan Cyber PR memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah, karena publik bisa memberikan feedback secara langsung dan cepat.
• No boundaries, karena tidak akan ada batasan komunikasi dalam Cyber PR, sehingga bisa terhubung ke mana saja selama ada jaringan internet.
• Multi media. Cyber PR dapat menyajikan informasi kepada publik dengan menggabungkan berbagai media seperti tulisan (script), gambar (grafis), dan suara (audio), bahkan audio‐visual (film, video) dalam satu kesatuan.
• Ekonomis. Komunikasi menggunakan internet untuk menjangkau publik yang luas lebih murah daripada media konvensional.

Bahkan bagi saya sendiri Cyber PR sudah sangat banyak membantu, terutama dalam pemasaran produk saya sendiri. Hal ini terbukti dalam penjualan danpeningkatan brand produk saya yang sangat pesat, bhakan kalau di hitung omset sudah naik 20% dalam satu bulan terakhir. Cyber PR melayani berbagai macam institusi didalam masyarakat, seperti institusi bisnis, serikat perdagangan, agen pemerintah, asosiasi sukarela, yayasan, rumah sakit, sekolah, perguruan tinggi, dan institusi-institusi lainnya dalam dunia internet. PR adalah profesi yang unik, karena berada didalam beragam institusi, profesi PR menuntut para praktisi untuk mendalami segala bidang.

Maka dari itu saya sangat beruntung sekali bisa mendapatkan mata kuliah Cyber PR di semester tiga ini, karena ini adalah mata kuliah yang sangat berpengaruh dengan zaman sekarang dimana gadget sudah menjadi barang utama yang dimiliki setiap manusia. Maka dari itu teman-teman tetap bijak ya dalam menggunakan media social. Dan tetap up to date juga dalam menggunakan media social, karena pasti kamu semua gak mau ketinggalan kan semua tentang berita dan informasi yang lagi vilral di media social.

Nah cukup sekian nih saya curhat - curhat tentang apa itu Cyber PR dan segala manfaatnya, semoga bermanfaat ya?

tag Abah Raka

Previous
Next Post »
0 Komentar