Citra
Perusahaan / Organisasi
Citra perusahaan merupakan kesan psikologis dan
gambaran dari berbagai kegiatan suatu perusahaan di mata khalayak publiknya
yang berdasarkan pengetahuan, tanggapan serta pengalaman-pengalaman yang telah
diterimanya.
Penilaian tertentu terhadap citra perusahaan oleh
publiknya bisa berbentuk citra baik, sedang dan buruk.
Tahap Perkembangan Perusahaan / Organisasi
Terlepas dari perbedaan atau persamaan pengertian
untuk berbagai istilah yang digunakan dalam bisnis internasional, terdapat lima tahapan evolusi perusahaan
dalam dalam operasi internasional, mulai dari perusahaan domestik,
internasional, multinasional, global sampai transnasional. Perbedaan dalam
tahap-tahap ini terletak dalam strategi, cara memandang dunia, orientasi, dan
praktik perusahaan yang beroperasi di lebih dari satu negara.
Tahap Pertama : Perusahaan Domestik
Tahap Kedua : Perusahaan Internasional
Tahap Ketiga : Perusahaan Multinasional
Tahap Keempat : Perusahaan Global
Tahap Kelima : Perusahaan Transnasional
Product Life Cycle
Product life cycle adalah siklus suatu produk/ organisasi dengan
tahapan-tahapan proses perjalanan hidupnya mulai dari peluncuran awal (soft
launching), peluncuran resmi (grand launching), perubahan dari target awal,
lalu mulai berjuang dan berkompetisi dengan produk-produk yang sejenis, hingga
melewati persaingan dan kompetisi produk memiliki tingkat penerimaan/
penjualan/ distribusi yang luas dan tersebar.
Dalam konteks organisasi siklus hidup suatu organisasi menjadi
organisasi yang dihargai dan memiliki kredibilitas yang tinggi.
Setelah mencapai puncaknya maka produk akan turun dengan alamiah.
Perubahan citra produk/ organisasi lalu dilakukan untuk mendukung inovasi dan
menghindari penurunan drastis akibat kejenuhan produk. Jangka waktu titik jenuh
tidak saja ditentukan dari jenis produk tetapi bisa dilihat menggunakan
indikator seperti penjualan produk, komplain yang tidak tertangani, distribusi
dll.
Untuk memperpanjang siklus hidup produk dapat dilakukan upaya-upaya
seperti: mendidik pasar, beriklan, menjaganya dengan penjualan dsb. Ada juga
istilah daur ulang siklus produk yang diterapkan untuk menarik proyek dari
penurunan dengan memperbaiki atau dengan perubahan lainnya, seperti pengemasan
ulang dan pemotongan harga.
Pembentuka Citra Melalui Media
Citra baik bukanlah suatu benda mati. Ia tergantung pada kepda “frame of
reference” atau persepsi atau pula yang disebut faktor mediator dari masing –
masing orang terhadap perbuatan sebagai alat penggantang. Karena persepsi
berbeda, maka penafsiran juga akan berbeda tentang perbuatan seseorang dan
organisasi. Lalu timbullah konflik yang ingin dipecahkan, maka dengan ini
adanya hubungan masyarakat (public relation) ataukah propaganda, diberi tugas
untuk menyelesaikan permasalahan. Sebut saja sebagai Humas, berfungsi lebih
daripada publlikasi dalam sebuah organisasi. Humas ialah satu usaha komunikasi
yang sesuai untuk menjalinkan keharmonisan hubungan diantara publik dan
badan/perusahaan organisasi. Tetapi tidak dipungkiri bahwa publikasi ialah
salah satu strategi yang digunakan oleh organisasi untuk mencapai objektif
hubungan masyarakat.
Strategi Komunikasi
Perusahaan
Strategi komunikasi adalah perencanaan dan manajemen cara berkomunikasi
untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Berhasil tidaknya kegiatan komunikasi
secara efektif, banyak ditentukan oleh strategi komunikasi. Untuk mencapai
tujuan tersebut, strategi tidak berfungsi sebagai peta jalan yang hanya
menunjukkan arah saja, melainkan harus menunjukkan bagaimana taktik
operasionalnya.
Untuk menjabarkannya, strategi komunikasi dihubungkan dengan
komponen-komponen dalam paradigma Lasswell yaitu, Who Says What in Which
Channel to Whom with What Effect. Dengan menjawab paradigma Lasswell, maka
dapat dijabarkan strategi komunikasi yang tepat untuk digunakan. Setiap
organisasi pasti membutuhkan strategi komunikasi. Dan untuk lebih jelasnya,
berikut adalah pengertian organisasi dan strategi komunikasi apa saja yang
dibutuhkan oleh organisasi profit, non profit dan pemerintahan.
Berikut adalah strategi komunikasi yang digunakan oleh perusahaan
Smartfren
1. Membuat daftar S.W.O.T.
2. Spoke Person
Hingga strategi rekomendasi lainnya.
0 Komentar