Apa kamu pengguna gadget? Apakah kamu mengenal dinua Public Relations?
Apakah kamu mengetahui apa itu Cyber Public Relation?
Kehadiran teknologi komunikasi dan informasi serta perilaku
konsumen memanfaatkan media internet di Indonesia semakin lama semakin
meningkat setiap harinya. Hal ini karena perkembangan teknologi internet
sendiri yang telah dapat dan mudah diakses kapan dan di mana saja. Atas dasar
demikian, banyak sekali fungsi internet yang dahulunya hanya dimanfaatkan
secara dominan sebagai sarana mencari informasi, sekarang internet sudah
memiliki fungsi luas, diantaranya internet dipergunakan untuk berhubungan
secara sosial, sarana jual beli, forum diskusi, berbagi data, dan masih banyak
lagi, bahkan hampir semua kegiatan di dunia nyata dapat dilakukan atau
berhubungan dengan dunia maya atau internet.
Nah disini saya akan menceritakan pengalaman saya dalam
dunia Cyber PR. Bermula ketika saya menginjak semester tiga, dimana saat itu
saya mengisi KRS atau semacam mengambil mata kuliah yang akan saya ambil di
semester tiga ini, saya lihat disana ada mata kuliah Cyber PR dan mulai dari
situ saya tertarik.
Belajar Cyber PR sangat menyenangkan, saya kira awalnya akan
sangat membosankan, tapi ternyata tidak. Disana saya belajar berbagai macam
hal, dari mulai bagaimana cara membuat dan mendesain blog bahkan hingga tips
dan trick dalam membuat konten postingan.
Dan pada akhirnya di pertengahan semester saya ternyata
diajukan sebagai seorang Kominfo Nasional FKMPI oleh perwakilan organisasi yang
saya ikuti, disana saya merasa sangat bangga, terlebih bidang yang diajukan
adalah bidang yang sudah saya pelajari di mata kuliah Cyber PR. Bahkan ketika
mengerjakan tugas-tugas yang diberikanpun sudah sangat tidak berat karena sudah
banyak dipelajari di mata kuliah Cyber PR. Banyak tugas-tugas yang sebenarnya
sangat sulit dikerjakan oleh orang-orang yang belum pernah belajar Cyber PR,
seperti tugas menjadi admin di media Social yang sudah ke tingkat se-Indonesia,
tapi dengan pengalaman yang saya dapat di Mata kuliah Cyber PR, semua itu
terasa menjadi sangat mudah.
Adapun beberapa konten yang saya pelajari dari mata kuliah Cyber
PR adalah:
1.
Mendesain Blog
2.
Menulis Konten
3.
Buzzer
4.
Hootsuite
5.
Membuat komentar ber link
6.
Bagaimana meyikapi media social
7.
Mengenalkan fungsi media social
8.
Membuat event di media social
9.
Berkampanye di media social
dan masih banyak lagi yang tidak bias dipaparkan satu-satu
di sini.
Dalam praktiknya Cyber PR sendiri adalah sebuah ilmu yang
sangat bermanfaat untuk berhubungan dalam media social secara instan, hal ini
sudah banyak digunakan dalam praktik-praktik ke PR-an dalam dunia perusahaan.
Berikut saya akan paparkan manfaat Cyber PR dalam dunia
perusahaan:
• Real time, karena aktivitas komunikasi bisa dilakukan
dengan cepat
• Komunikasi konstan, karena Cyber PR menggunakan internet
dan internet dapat diibaratkan sebagai sekretaris yang tidak pernah tidur
selama 24 jam dan dengan potensi target publik seluruh dunia.
• Interaktif, karena penggunaan Cyber PR memungkinkan
terjadinya komunikasi dua arah, karena publik bisa memberikan feedback secara
langsung dan cepat.
• No boundaries, karena tidak akan ada batasan komunikasi
dalam Cyber PR, sehingga bisa terhubung ke mana saja selama ada jaringan
internet.
• Multi media. Cyber PR dapat menyajikan informasi kepada
publik dengan menggabungkan berbagai media seperti tulisan (script), gambar
(grafis), dan suara (audio), bahkan audio‐visual (film, video) dalam satu
kesatuan.
• Ekonomis. Komunikasi menggunakan internet untuk menjangkau
publik yang luas lebih murah daripada media konvensional.
Bahkan bagi saya sendiri Cyber PR sudah sangat banyak
membantu, terutama dalam pemasaran produk saya sendiri. Hal ini terbukti dalam
penjualan danpeningkatan brand produk saya yang sangat pesat, bhakan kalau di
hitung omset sudah naik 20% dalam satu bulan terakhir. Cyber PR melayani
berbagai macam institusi didalam masyarakat, seperti institusi bisnis, serikat
perdagangan, agen pemerintah, asosiasi sukarela, yayasan, rumah sakit, sekolah,
perguruan tinggi, dan institusi-institusi lainnya dalam dunia internet. PR
adalah profesi yang unik, karena berada didalam beragam institusi, profesi PR
menuntut para praktisi untuk mendalami segala bidang.
Maka dari itu saya sangat beruntung sekali bisa mendapatkan
mata kuliah Cyber PR di semester tiga ini, karena ini adalah mata kuliah yang sangat
berpengaruh dengan zaman sekarang dimana gadget sudah menjadi barang utama yang
dimiliki setiap manusia. Maka dari itu teman-teman tetap bijak ya dalam
menggunakan media social. Dan tetap up to date juga dalam menggunakan media
social, karena pasti kamu semua gak mau ketinggalan kan semua tentang berita
dan informasi yang lagi vilral di media social.
Nah cukup sekian nih saya curhat - curhat tentang apa itu Cyber
PR dan segala manfaatnya, semoga bermanfaat ya?
tag Abah Raka
0 Komentar